
The 23rd International Franchise, License And Business Concept Expo And Conference (IFRA) x Indonesia Culinary Expo (ICE) 2025 resmi dibuka Jumat (25/4) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) kembali berkolaborasi dengan Dyandra Promosindo dalam pameran kolaborasi waralaba dan kuliner yang berlangsung 25-27 April 2025 ini. Pameran ini juga berlangsung secara virtual mulai tanggal 25 April hingga 31 Agustus 2025 melalui platform www.ifra-indonesia.com.
Pameran IFRA Business Expo x ICE 2025 resmi dibuka oleh Budi Santoso, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, dan turut dihadiri oleh Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar, serta Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung. Pameran yang diikuti oleh 240 perusahaan dan 350 merek bisnis usaha kali ini berkolaborasi untuk memajukan dunia waralaba dengan menjembatani para pengusaha dalam menjelajahi peluang yang lebih luas. Peluang tersebut diyakini dengan adanya peran industri kuliner yang berkembang pesat.
Dalam sambutannya Budi Santoso menggarisbawahi peran penting kewirausahaan dalam memajukan pertumbuhan ekonomi. Pada 2024, ekonomi nasional tercatat tumbuh sebesar 5,03%, didorong oleh konsumsi rumah tangga yang tetap stabil. Untuk menjaga keberlanjutannya, perlu peningkatan dukungan terhadap kewirausahaan. Saat ini, rasio kewirausahaan Indonesia berada pada angka 3,35% dari total angkatan kerja, atau sekitar 4,9 juta wirausahawan. Kementerian Perdagangan terus berkomitmen mendukung pengembangan kewirausahaan nasional, di mana waralaba menjadi salah satu pendorong utamanya.
“Penyelenggaraan IFRA x ICE ini sejalan dengan prioritas Kementerian Perdagangan. Kami mengajak para pelaku usaha untuk memanfaatkan jaringan strategis ini dalam memasarkan produknya ke pasar internasional. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam mendorong perluasan pasar ekspor, sekaligus meningkatkan daya saing produk Indonesia di kancah global,” ujar Budi Santoso.
Selanjutnya, Ketua Umum AFI, Anang Sukandar menambahkan, “Hampir setiap negara seperti di USA, Australia, Singapura, atau Malaysia, 55% dari waralaba lokalnya merupakan bidang FnB. Kalau kita lihat di Indonesia itu di banyak provinsi ada lebih dari 10 jenis masakan khas, saya kira inilah yang bisa kita kembangkan. Contoh lainnya Singapura yang sedang mengembangkan perkampungan lisensi dan Hawkers Center Development, saya pikir Indonesia juga bisa melakukan hal yang sama karena kita memiliki banyak UMKM. Malaysia juga sedang mengembangkan program-program pertukangan, Indonesia juga bisa melakukannya, karena di pedesaan kita banyak usaha-usaha self-employed, seperti tukang cukur, tukang sepatu, tukang solder, tukang las, pedagang kue, perias pengantin, tukang jahit, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan kita juga memiliki peluang yang cukup banyak.”
The 23rd International Franchise, License And Business Concept Expo And Conference (IFRA) x Indonesia Culinary Expo (ICE) 2025 yang mengusung tema “From Essential Ingredients to Extraordinary Opportunities” memberikan berbagai program unggulan yang dirancang semenarik mungkin. Program-program tersebut meliputi IFRA Content Clash, IFRA Poster Competition, Business Presentation, Celebpreneur Talkshow, Business Talkshow, Meet The Experts, Business Matching, Interactive Quiz & Lucky Draw, IFRA Awards & Business Night, Business Mascot Competition, dan program terbaru yaitu Culinary Talkshow, Live Cooking Demo (Culinary Workshop), dan Youngpreneur Talks.
Khusus hari pertama ada Business Presentation oleh PT. Minula Inti Sejahtera, Business Talkshow oleh Link UMKM dengan tema “Meracik UMKM Jadi Franchise yang Berdampak”, Youngpreneur Talks oleh Binus University, Business Presentation oleh Nava Sari Kreasi, Live Cooking Demo oleh Politeknik Sahid, Business Talkshow oleh Oxygen dengan tema “Mengoptimalkan Potensi Digital: Solusi Internet Untuk Pengembangan Bisnis UKM” bersama narasumber Yance Arliansyah, Culinary Talkshow oleh UMKM Tangerang Raya dengan narasumber Nisa Akbar, Business Presentation oleh Link Express, dan Business Talkshow oleh Komunitas Pengusaha TDA.
Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, turut menambahkan, “Tahun ini kami menghadirkan 240 peserta pameran dan menyuguhkan 26 program edukatif serta inspiratif seputar peluang waralaba dan kemitraan bisnis. Seluruh rangkaian ini diharapkan mampu mendorong lahirnya bisnis-bisnis baru di Indonesia, sekaligus memperkuat ekosistem kewirausahaan yang lebih dinamis dan berkelanjutan.”
Program menarik juga hadir di hari kedua IFRA x ICE 2025 seperti Sosialisasi dari Kementerian Perdagangan, Live Cooking Demo, Business Talkshow, Business Presentation, dan Celebpreneur Talkshow. Seluruh rangkaian program ini menghadirkan pembicara dari kalangan pemerintah hingga selebriti ternama Indonesia dan pelaku bisnis dari berbagai merek terkemuka. Melalui berbagai sesi interaktif dan penuh inspirasi ini, para pengunjung tidak hanya mendapatkan wawasan praktis seputar dunia bisnis dan kewirausahaan, tetapi juga termotivasi untuk mengembangkan dan menjalankan bisnis mereka sendiri dengan lebih percaya diri.
Sesi Celebpreneur Talkshow yang digelar di main stage menghadirkan dua selebriti papan atas Indonesia, Chelsea Islan dan Coki Pardede, yang membagikan perjalanan inspiratif mereka sebagai pelaku bisnis sekaligus figur publik. Sesi ini menjadi bukti nyata bahwa waralaba dan kewirausahaan tidak hanya terbuka bagi pelaku bisnis konvensional, tetapi juga bagi siapa saja yang memiliki semangat dan keberanian untuk memulai.
Selain menyuguhkan rangkaian program edukatif, pameran ini juga memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk mendapatkan informasi mendalam mengenai peluang dan investasi bisnis secara langsung dengan menjelajahi ratusan merek waralaba dan bertemu secara langsung dengan para pelaku industri.
Pameran dibuka pukul 10:00-20:00 WIB. Bagi yang tertarik berkunjung dapat membeli tiket IFRA Business Expo x ICE 2025 senilai Rp60.000 per orang melalui situs https://ifra-indonesia.com/ dan pengunjung juga dapat melakukan pembelian tiket secara langsung di ICE BSD City, Tangerang, selama acara berlangsung. IFRA Business Expo x ICE 2025 juga menghadirkan promo tiket spesial potongan 50% khusus Guru dan Dosen, ASN, TNI dan Polri, dan Tenaga Medis, pada pembelian tiket on the spot berlaku pada 25-27 April 2025.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai IFRA Business Expo x ICE 2025, kunjungi situs resmi IFRA Indonesia di www.ifra-indonesia.com, serta melalui akun Instagram @ifra_expo.