ASTINDO TRAVEL FAIR 2025 RESMI DIBUKA, OPTIMIS INDUSTRI PARIWISATA TUMBUH POSITIF 2025-02-21 20:55

 

ASTINDO Travel Fair 2025 secara resmi dibuka hari ini, Jumat tanggal 21 Februari 2025. Pameran perjalanan ini menjadi bagian dari rangkaian BCA Expoversary 2025 bertempat di Hall 1 ICE BSD Tangerang didukung oleh BCA sebagai Official Bank Partner dan BCAinsurance sebagai Official Insurance Partner. Pameran perjalanan ini diikuti oleh Mitra Travel Agent,  Airlines, Hotel, Cruise Liner, National Tourism Organization, Tourist Destination, dan Travel Related Products & Services. Acara yang telah dimulai sejak Kamis 20 Februari 2025 ini akan berlangsung sampai 23 Februari 2025, dengan jam operasional pukul 10.00-21.00. Selain di Jakarta, ASTINDO Travel Fair secara serentak berlangsung di 4 kota besar lainnya di Indonesia, yaitu Palembang, Bandung, Surabaya, dan Denpasar.  

 

Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno, dalam sambutannya menyampaikan ASTINDO Travel Fair tahun ini genap memasuki usia yang ke-18. “Di tengah ketidakpastian ekonomi global serta ketidakstabilan geopolitik yang dapat menghambat laju pertumbuhan ekonomi, kami tetap sangat optimis industri pariwisata di Indonesia akan terus tumbuh. Keyakinan kami salah satunya berkaca dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat jumlah perjalanan wisatawan nusantara sepanjang Januari hingga November 2024 mencapai 919,99 juta perjalanan atau meningkat sebesar 22,81 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023,” tambah Pauline.     

 

“Tren pariwisata menunjukkan wisatawan terus mencari destinasi dan pengalaman baru namun tetap sadar biaya (cost conscious). Perpaduan antara perjalanan bisnis dan liburan atau bleisure masih tetap diminati terutama oleh kalangan milenial serta Gen Z dan telah menjadi salah satu faktor pendorong peningkatan pergerakan wisatawan terutama wisatawan nusantara. Selain itu, bleisure bersama dengan business travel juga berpotensi mempercepat pertumbuhan pariwisata baik domestik maupun internasional (outbound).” tutur Pauline.

 

“Sejalan dengan program pemerintah ‘Bangga Berwisata di Indonesia’, kami juga berupaya menarik lebih banyak minat untuk berwisata di Indonesia dengan menghadirkan tour operator anggota ASTINDO dari berbagai provinsi di Indonesia yang menyediakan beragam promosi paket wisata domestik. Kementerian Pariwisata berpartisipasi di ajang ASTINDO Travel Fair 2024 dengan memfasilitasi sejumlah pelaku industri di booth Wonderful Indonesia yang menawarkan berbagai destinasi dan atraksi yang membuat pariwisata Indonesia semakin kompetitif, di antaranya Jakarta ASTINDO member corporation, Jakarta Aquarium Safari, Desa Laguna Resort Kepulauan Pulau Seribu, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, produk wisata transportasi oleh Kereta Api Indonesia (KAI), Trans Jakarta, dan lain-lain,” pungkas Pauline.

 

Ketua Panitia ASTINDO Travel Fair 2025, Anton Sumarli, menyampaikan, “Kami didukung 21 maskapai penerbangan full service ternama berskala internasional, yaitu Air Macau, All Nippon Airways, Asiana Airlines, Cathay Pacific Airways, Citilink, China Airlines, Emirates, EVA Airways, Etihad, Japan Airlines, Korean Air, Malaysia Airlines, Pelita Air, Philippine Airlines, Qantas Airways, Qatar Airways, Saudia Airlines, Singapore Airlines, Starlux Airlines, Turkish Airlines, dan Vietnam Airlines yang akan menawarkan harga tiket khusus selama pameran,” papar Anton.

 

“Dengan total 61 booth di Hall 1 ICE BSD Tangerang, ASTINDO Travel Fair diramaikan oleh 31 travel agent, 9 badan promosi pariwisata (NTO), 13 travel-related products & services, serta sejumlah mitra pendukung yang menawarkan beragam penawaran khusus. Kami berharap ASTINDO Travel Fair menjadi one stop shopping solution untuk para pengunjung pameran yang kami perkirakan mencapai 75.000 orang dengan perkiraan transaksional (sales volume) hingga Rp75 miliar,” ujar Anton.  

 

“Selama pameran pengunjung juga dapat menyaksikan stage performance oleh sejumlah Badan Promosi Pariwisata, di antaranya Siam Fantasy Show dari Thailand, Brand Ambassador of Taiwan Tourism, Barongsai dan Talkshow dari Macao Government Tourism Office, dan beragam acara menarik lainnya. Sejumlah badan promosi pariwisata (NTO) mancanegara dan domestik yang hadir selama ASTINDO Travel Fair, di antaranya Kementerian Pariwisata, Ministry of Tourism Cambodia, Korea Tourism Organization, Macao Government Tourism Office, Taiwan Tourism Administration, Tourism Authority of Thailand, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Tourism Perak Management, Sabah Tourism Board, dan Sarawak Tourism Board. Selain itu akan hadir pula cruise liner yang beroperasi di regional dan internasional, diantaranya Disney Cruise Line,” lanjut Anton.

 

Selama berlangsungnya ASTINDO Travel Fair pengunjung juga akan mendapatkan berbagai keuntungan berupa promo spesial dari BCA di antaranya:

Cashback Rp680 ribu, minimum transaksi Rp10 juta dengan Kartu Kredit BCA

Cashback Rp1 juta, minimum transaksi Rp10 juta dengan Kartu Kredit BCA Mastercard World

Cashback Rp500 ribu, minimum transaksi Rp5 juta dengan Paylater di myBCA

Cashback 100% untuk penukaran BCA American Express Membership Rewards Points

Voucher potongan harga Rp250 ribu untuk pembelian paket tour domestik dengan Kartu Kredit BCA

- Cicilan BCA 0% hingga 12 bulan dengan Kartu Kredit BCA

 

EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya menyatakan, “BCA melihat sektor pariwisata memiliki kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, kami senantiasa berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan industri ini. Kehadiran kami sebagai official bank partner dalam Astindo Travel Fair 2025 menjadi manifestasi dari komitmen tersebut, khususnya dalam menghadirkan solusi perbankan yang inovatif dan relevan, serta beragam promo eksklusif.”

 

ASTINDO Travel Fair 2025 juga didukung oleh BCA Insurance. Deputy Director BCAinsurance, Willy, menyampaikan BCAinsurance menawarkan asuransi perjalanan dengan program yang menarik selama berlangsungnya pameran.

 

Malaysia Airlines turut meramaikan dengan berbagai penawaran unik yang dapat dinikmati pengunjung. Menyandang status sebagai Preferred Airline Partner di acara ini, Malaysia Airlines menghadirkan promo tiket hingga 30% ke berbagai destinasi populer, seperti Kuala Lumpur, Bangkok, Seoul, dan Osaka. Booth Malaysia Airlines juga menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk mendapatkan merchandise eksklusif Manchester United (MU), sejalan dengan statusnya sebagai official commercial airline partner klub tersebut. Kampanye pemasaran global mereka, yaitu ‘Time For’, hadir dalam bentuk photobooth interaktif yang memungkinkan pengunjung berfoto dengan latar belakang destinasi wisata impian.

 

Datuk Captain Izham Ismail, Group Managing Director Malaysia Aviation Group (MAG) menyampaikan, “Indonesia merupakan pasar utama bagi Malaysia Airlines. ASTINDO Travel Fair 2025 merupakan wadah ideal untuk tidak hanya memamerkan destinasi tetapi juga kenyamanan dalam penerbangan yang kami sebut sebagai Malaysian Hospitality.” 

 

ASTINDO Travel Fair 2025 turut didukung Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), anggota ASTINDO, serta Penata sebagai event organizer.

 

Industri penunjang lainnya pendukung ASTINDO Travel Fair, yaitu Telkomsel sebagai Telco Partner, Amadeus Technology Indonesia, Sabre Travel Network Indonesia dan Travelport Indonesia sebagai GDS Partners. Pendukungnya lainnya adalah Hong Kong Tourism Board, Resorts World Cruises, dan Royal Caribbean. Untuk informasi selanjutnya, kunjungi www.astindofair.com. 

 

Teks & Foto: Istimewa
Comment